Pelantikan Sekaligus Bimbingan Teknis Pengawas TPS (PTPS) Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara

Amuntai – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 507 orang di 10 Kecamatan di Kabupaten HSU. Lokasi pelantikan sekaligus bimtek dilakukan ditempat yang berbeda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan C-19 pada Sabtu sampai Senin tanggal 14 -16 Nopember 2020.

507 Pengawas TPS ini sebelumnya sudah lolos beberapa tahapan tes yang dilakukan oleh Pengawas di Tingkat kecamatan. Pengawas TPS nantinya juga akan bertugas mengawasi 1 TPS dimasing-masing TPS. Usai dilantik mereka diberikan pembekalan atau bimbingan teknik agar memiliki pengetahuan terkait tugas maupun hal-hal apa saja yg dilakukan dalam melakukan pengawasan ketika dilapangan.

Kehadiran pengawas TPS diharapkan dapat mencegah pelanggaran dalam pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS. Dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, Pengawas TPS juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam pemungutan suara dan perhitungan suara.

Syardani, Ketua Bawaslu HSU dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para Pengawas TPS yang telah dilantik serta menegaskan bahwa pengawas TPS harus mengedepankan integritas dan netralitas, menjalankan aturan sesuai tupoksi, serta bekerja dengan amanah sesuai sumpah janji. Tak lupa beliau juga menegaskan tentang protokol kesehatan C-19 yang harus dipatuhi dalam bekerja sebagai Pengawas TPS.

“Kami berpesan kepada Pengawas TPS untuk profesional dalam bekerja sesuai tugas dan wewenang masing-masing sesuai tanggung jawab yang telah diamanahkan untuk melakukan pengawasan”

Syardani juga menegaskan kepada Pengawas TPS yang telah dilantik agar selalu berkoordinasi dengan Panitia Pengawasan Kecamatan dan Kelurahan/Desa.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *