Cuti Bersama Bawaslu HSU Laksanakan Pengawasan Kampanye Melekat

Amuntai – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara beserta jajaran Pengawas Kecamatan dan Kelurahan/Desa melakukan pengawasan melekat terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel nomor urut 2 Denny Indrayana beserta rombongan yang melakukan kujungan kebeberapa titik di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tanggal 29 Oktober sampai 1 November 2020.

Dalam kunjungan tersebut mereka malakukan beberapa agenda kegiatan seperti menghadiri undangan masyarakat baik acara selamatan, peringatan maulid maupun perkawinan, juga menziarahi makam ulama yang diyakininya, dan tidak hanya itu mereka juga blusukan kepasar dan mengunjungi objek wisata untuk menyapa langsung masyarakat dengan membagikan bahan kampanye seperti kalender dan masker.

Walaupun cuti bersama Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara beserta jajaran tetap siaga untuk mengawasi kegiatan tersebut agar tidak ada pelanggaran yang terjadi. Pengawasan ini dilakukan Bawaslu sesuai dengan PKPU 11 Tahun 2020 Tentang Kampanye.

Syardani, Ketua Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terjun langsung kelapangan mengungkapakan “kegiatan mereka saat ini menghadiri undangan masyarakat, seperti peringatan maulid, selamatan, blusukan kepasar dan tempat wisata lainnya dengan menyapa langsung masyarakat serta membagikan bahan kampanye berupa kalender dan masker. Sampai sekarang kami belum menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh tim sukses ataupun pasangan calon. Kami akan terus lakukan pengawasan secara melekat karena dalam kampanye di masa pandemi ini antara tim sukses dan pasangan calon terlihat bergerak sosialisasi secara terpisah-pisah tempat. Ada salah satu pasangan calon masih blusukan ke pasar. Tim suksesnya bergerak ke perkampungan menghadiri undangan masyarakat yang berskala kecil dan bukan acara besar.” Ujarnya.

Syardani beserta staf lainnya melakukan pengawasan kampanye terhadap Paslon 2 sekaligus memonitoring kinerja jajaran yang ada dibawahnya yaitu Pengawas Kecamatan dan Kelurahan / Desa agar bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara juga menghimbau agar paslon dalam melaksanakan kampanye mematuhi protokol kesehatan C-19 sesuai ketentuan yang berlaku.

“Bagi paslon yang melanggar protokol kesehatan saat kampanye akan diberikan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku. Bawaslu akan awasi ketat setiap paslon melaksanakan kampanye,” ujarnya.

Karena itu, para paslon wajib mematuhi protokol kesehatan saat berkampanye. Paslon yang terbukti melanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi mulai dari teguran hingga pembubaran kampanye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *