Ketua Bawaslu HSU Hadiri Deklarasi Pemilihan Damai Serta Bagikan Masker Kepada Masyarakat


Amuntai – Ketua Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara Syardani, menghadiri agenda Deklarasi Pemilihan Damai dan Protokol Kesehatan Covid-19 bertempat di halaman depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten (Kab) Hulu Sungai Utara (HSU) pada Kamis, (10/09/2020).
Deklarasi pemilihan damai ini merupakan kegiatan yang digelar secara serentak secara nasional di seluruh wilayah Indonesia yang melaksanakan Pemilu Kepala Daerah.
Acara yang digelar di Amuntai Kab HSU tersebut turut dihadiri oleh Bupati HSU Abdul Wahid HK, juga berhadir Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, Dandim 1001/Amuntai-Balangan diwakili Pasi Ops Letda Inf Mulyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Amuntai Novan Hadian, Ketua KPUD Kabupaten HSU Rina Mei Saputri, Ketua Bawaslu Kabupaten HSU Syardani. Berhadir juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sugeng Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU Agus Fidliansyah, Kepala Diskominfo Kabupaten HSU Adi Lesmana, serta perwakilan Parpol dari Partai Golkar, Partai PPP, Partai PKB, Partai PKS, Partai PDIP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai PBB dan Partai Perindo.
Kapolres HSU, AKBP Afri Darmawan mengatakan dalam sambutannya bahwa dalam rangka menciptakan situasi Kab HSU yang semakin kondusif pihaknya akan selalu mengawal semua tahapan dalam rangkaian pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020.
“Bahwa saat ini kita masih dalam masa pandemi covid 19, namun Pilkada serentak dengan semua tahapannya harus berjalan dengan aman, lancar, damai, sejuk dan kondusif.” Ungkapnya.
Sementara itu, Bupati HSU Abdul Wahid HK menyampaikan, meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, Pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten HSU, dirinya menyambut baik langkah jajaran KPU dan Bawaslu HSU atas inisiasi kegiatan tersebut.
Menurutnya, untuk mewujudkan situasi tersebut perlu komitmen dan kerja keras para penyelenggara pemilu, petugas keamanan, team sukses peserta pemilu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat.
“Dalam pelaksanaan rangkaian tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Utara hendaknya selalu berupaya untuk mencegah penyebaran Covid 19. dengan syarat patuh dan disiplin penerapan protokol kesehatan serta tetap menjaga nilai – nilai demokrasi di setiap tahapan.” Tambahnya.
Acara deklarasi pemilihan damai dan protokol kesehatan covid-19 dibuka secara resmi oleh Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar bersama deklarasi pemilihan damai, dan juga ditandai dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat yang bertempat di Bundaran Kota Amuntai oleh peserta deklarasi pemilu damai.
Sementara ditemui usai mengikuti acara deklarasi Ketua Bawaslu HSU, Syardani mengatakan, jajaran Bawaslu akan mensukseskan dan mendukung penuh kampanye penggunaan masker serta protokol kesehatan pada tahapan Pilkada 2020.

“Tanggung jawab Ini bukan hanya tugas instansi tertentu, penerapan protokol kesehatan pada Pilkada harus dikampanyekan secara bersama-sama agar semakin luas masyarakat yang dijangkau.” Jelasnya.
Pria yang akrab disapa Bang CaCa ini juga menerangkan peran masyarakat juga menjadi faktor yang penting “Bawaslu mengajak masyarat bersama sama mensukseskan Pilkada dengan memedomi protokol kesehatan, jangan sampai Pilkada menjadi cluster baru penyebaran Covid, mencegahnya adalah tanggung jawab kita semua.” Tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *